Kamis, 28 Februari 2013

Belajar Makan Sendiri


Saat ini diusia yang menginjak 2 tahun 6 bulan, anak balita saya, Azka sudah mulai belajar makan sendiri menggunakan peralatan makannya sendiri. Cara memegang sendoknya terkadang sudah benar, namun terkadang masih salah juga. Dengan bangganya dia selalu berkata, " Azka tadi makan sendiri, tadi belajarnya sama Mbak Salma". Maksudnya, Azka tadi makan sendiri, belajar makan sendiri bersama Mbak Salma, tetangga kami yang masih berusia 4 tahun, yang sering bermain bersamanya. 

Azka lagi makan jagung....


Menurut artikel yang pernah saya baca sebelumnya, melatih anak untuk belajar makan sendiri bisa dimulai sejak anak berusia 8 - 10 bulan, disaat anak sudah mulai bisa memegang. Makanan pertama yang bisa diberikan bisa berupa biskuit lunak yang mudah hancur saat sudah berada di mulutnya, ataupun finger foods, yaitu potongan sayuran yang sudah direbus (dikukus) seperti wortel dan kentang ataupun potongan buah seperti pisang. Buah atau sayuran tersebut bisa dipotong kecil - kecil agar mudah digenggam anak sesuai usianya.

Sebetulnya sudah lama saya mencoba melatih Azka untuk makan sendiri menggunakan peralatan makannya sendiri, namun seringkali dia menolak. Biasanya hanya satu dua suap dia mau makan sendiri, selebihnya saya atau neneknya yang menyuapinya. Namun akhir - akhir ini, Azka sering menolak untuk disuapi, dia lebih memilih untuk makan sendiri, dan tentu saja memilih sendiri makanan yang disukainya, yang tidak disukainya akan disingkirkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar