Kamis, 07 Februari 2013

Saatnya Memilih Sekolah Untuk Anak

Usia anak saya sekarang 2 tahun 6 bulan. Tampaknya dia sudah ingin masuk sekolah. Mungkin karena teman - temannya di lingkungan rumah kami yang kebanyakan usianya terpaut beberapa bulan atau bahkan setahun diatasnya juga sudah mulai sekolah. Baiklah, saya pikir, ada bagusnya dia mulai tertarik belajar bersosialisasi . Kami sedang berpikir untuk memasukkan anak kami ke sebuah playgroup.

Saya dan suamipun berusaha mencari sekolah yang terbaik untuk anak kami, tentu saja sesuai pertimbangan kami.

Berikut ini 3 faktor utama yang menjadi pertimbangan kami :

- Lokasi & Lingkungan Sekolah
  Menurut kami, lokasi yang dekat bisa memudahkan kami. Bagi kami yang memiliki kendala dalam hal  transportasi, memilih lokasi yang dekat dengan rumah adalah hal yang utama. Selain itu, andai lokasi terlalu jauh dikhawatirkan anak akan capai sehingga tidak maksimal menyerap ilmu di sekolahnya. Jangan lupa, perhatikan lingkungan sekolahnya. Pastikan lingkungan sekolah aman untuk anak kita. 

- Kurikulum dan Basis Sekolah 
  Menurut saya, orang tua harus mencari informasi mengenai kurikulum sekolah sebelum memasukkan anaknya ke sekolah. Pilih sekolah yang memiliki kurikulum yang tepat untuk anak seusianya. Ini penting karena setiap anak memiliki kemampuan masing - masing. Kurikulum yang terlalu berat akan membuat anak stress sehingga malas berangkat ke sekolah. Jadi, pastikan anak kita mampu mengikutinya. Sedangkan untuk dasar sekolah, kita bisa memilih sekolah yang berbasis agama, nasional, maupun internasional. Tentu saja, setiap orang tua memiliki pandangan yang berbeda - beda. Dengan harapan anak kami akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki akhlak dan perilaku yang baik serta taat kepada Allah, kami ingin memasukkan anak kami ke sekolah yang berbasis agama.

- Biaya
  Ini juga faktor yang sangat penting. Tentunya kita akan memilih sekolah yang biayanya sesuai dengan kantong kita. Sekolah yang mahal belum tentu cocok untuk anak kita. Kita tahu, belajar tidak hanya di sekolah saja,  lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat memegang peranan yang tak kalah penting dalam membentuk karakter anak.

Rencananya, dalam dalam waktu dekat, kami akan melakukan survey kecil - kecilan ke sekolah - sekolah di sekitar lokasi tempat tinggal kami sehingga memudahkan kami nantinya untuk memilih yang terbaik untuk anak kami menurut pertimbangan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar