Kamis, 07 Februari 2013

Sosialisasi Itu Sangat Penting


Dalam kehidupan sehari - hari, kita akan banyak menemui permasalahan - permasalahan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan kerja. Hal ini tidak dapat kita hindari. Bahkan, banyak orang yang gagal untuk menyelesaikan masalah - masalah dalam hidupnya kemudian memilih mengakhiri hidupnya dengan cara - cara tragis. Semoga kita terhindar dari hal semacam itu.

Saya sebagai seorang yang awam, memandang sosialisasi sebagai hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Seperti kita tahu, setiap orang adalah pribadi yang unik, yang memiliki sifat, karakter, perilaku, minat, dan bakat masing - masing. Tentu saja kita harus mengenal karakter orang - orang di lingkungan pergaulan kita agar kita dapat bergaul dengan baik tanpa benturan yang berarti. Terkadang dapat terjadi benturan karena permasalahan yang sepele. Kita tidak ingin mengalami hal seperti itu bukan? 

Lingkungan pergaulan juga merupakan tempat belajar bagi kita. Disini kita belajar mengenal karakter masing - masing orang, melakukan adaptasi dengan lingkungan kita, dan belajar menerapkan norma - norma yang berlaku di masyarakat kita pada umunya. Kita bisa memperoleh banyak informasi, masukan, atau bahkan kritikan yang sebetulnya bisa memperkaya diri kita. Namun, sebagai manusia biasa kita juga pasti memiliki egosime masing - masing. Jadi, pastinya ini juga memerlukan proses. Tapi bukan berarti ini sesuatu hal yang mustahil. Menurut saya, belajar dan belajar terus di sepanjang hidup kita adalah kunci sukses sosialisasi. Semakin banyak pengalaman kita bertemu dengan orang - orang baru, akan memperkaya diri kita dan kita akan selalu belajar untuk menjadi pribadi yang positif. Selamat belajar bersosialisasi ! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar